Sunday, January 2, 2011

Perbedaan antara Tesis dan Skripsi

Apa perbedaan antara tesis dan skripsi? Bila anda membandingkan kedua tugas akhir ini berdampingan, anda akan menemukan bahwa ternyata tidak ada perbedaan yang nyata. Hal ini karena skripsi, tesis dan bahkan disertasi memiliki persyaratan bab yang sama. Lebih jauh, anda harus melakukan langkah-langkah penulisan dan penelitian yang sama. Jadi mengapa kita harus membedakan antara tesis dan bentuk dokumen lainnya?
Sebuah tesis semata nama yang menekankan bahwa tugasnya akan lebih menuntut. Karena mahasiswa magister harus menyelesaikan banyak hal setelah mereka menyelesaikan kuliah sarjana mereka, maka mereka harus mampu menghasilkan artikel berkualitas lebih tinggi. Pengalaman dan keahlian yang telah mereka dapatkan dari kuliah sarjana menjadi alasan yang cukup bagi mereka untuk menulis makalah yang bagus. Karenanya, banyak pembimbing mengharapkan makalah yang lebih tinggi mutunya dari mahasiswa master. Jadi bagaimana anda bisa selamat dalam menulis makalah demikian?
Seperti yang telah kami katakan, prosedur dan bagian yang sama dengan skripsi ada pada sebuah tesis. Mari kita mulai dengan pemilihan topik. Memilih sebuah topik adalah hal yang sulit karena beberapa faktor: kelayakan topik, pentingnya subjek, ketersediaan bahan untuk penelitian dan daya tarik keseluruhan subjek pada pembaca.
Selanjutnya, jadikan topik tadi sebagai bahan proposal penelitian. Proposal adalah rencana yang harus anda ikuti saat menulis makalah penelitian. Ia mesti memuat bagian dasar tesis magister. Walau begitu, tahap ini hanyalah persiapan. Ia tidak mesti memiliki data yang akurat atau eksak. Yang anda perlukan adalah kesetujuan dari pembimbing sehingga anda dapat meneruskan rencana anda menulis tesis.
Mencari bahan untuk penelitian adalah langkah selanjutnya. Anda memerlukan beberapa dokumen untuk membangun isi dari tesis anda. Anda dapat memakai buku, situs internet, artikel publikasi dan makalah penelitian lainnya. Jangan lupa mengutip semua sumber informasi. Anda dapat mengutipnya dalam bentuk catatan kaki atau kurung.
Sekarang, anda dapat menulis bagian-bagian dari tesis master. Ini adalah bagian yang sama seperti dalam skripsi sarjana. Karenanya, anda perlu abstrak, pendahuluan, tinjauan pustaka, data dan analisis, pembahasan hasil dan kesimpulan. Jangan lupa halaman judul dan bagian daftar pustaka. Tentu saja, anda harus membaca ulang semua bagian tesis sebelum anda menyerahkannya pada pembimbing anda.
Bila anda ingin melihat sampel tesis yang sesuai dengan topik dan keinginan anda, anda cukup memesannya dengan kami kapanpun itu dengan mengirim email pemesanan ke tesisterbaik@hotmail.com

No comments:

Post a Comment