Thursday, February 3, 2011

Mutu Tesis Indonesia dilihat dari Mutu Lembaga Pendidikan

Mutu sebuah tesis tidak terlepas dari mutu lembaga pendidikan pasca sarjana yang menugaskan mahasiswanya untuk menyusun tesis tersebut. Ada banyak nama besar universitas negeri maupun swasta yang menarik minat lulusan sarjana untuk melanjutkan ke s2. Namun pertanyaannya apakah mutu mereka tinggi relatif terhadap mutu di negara lain?
Global Innovation Index 2009-2010 telah dirilis. Sejumlah indeks ditunjukkan, salah satunya indeks mutu lembaga pendidikan. Mari kita lihat bagaimana mutu lembaga pendidikan di Indonesia relatif terhadap 131 negara lainnya di dunia yang mengikuti survey Global Innovation Index.
Berikut lima besar negara-negara dengan mutu lembaga pendidikan terbaik di tingkat Dunia, Asia dan Asia Tenggara.
Negara
Ranking Asia Tenggara
Ranking Asia
Ranking Dunia
Swiss
-
-
1
Singapura
1
1
2
Kanada
-
-
3
Belgia
-
-
4
Denmark
-
-
5
Qatar
-
2
15
Taiwan
-
3
20
India
-
4
22
Siprus
-
5
25
Malaysia
2
6
26
Indonesia
3
12
42
Philipina
4
16
59
Thailand
5
17
60
Ternyata posisi Indonesia tidaklah lebih baik dari negara tetangga kita, Malaysia dan Singapura. Sementara Singapura memiliki mutu lembaga pendidikan kedua terbaik di dunia, kita hanya ada di peringkat 42. Bukan karena jumlah penduduk atau ukuran negara, karena India yang lebih besar dan lebih padat dari kita menjadi negara dengan mutu lembaga pendidikan terbaik ke-22 di dunia, 20 tingkat di atas kita.
Kondisi mutu universitas anda yang tak sebaik Swiss atau Singapura tidaklah harus jadi penghambat bagi anda untuk menghasilkan tesis terbaik. Sesuai namanya, blog ini menyediakan jasa untuk membantu pembuatan Tesis Terbaik. Tesis yang memenuhi standar 41 negara yang ada di atas Indonesia. Mutu tesis anda juga dapat membantu meningkatkan mutu universitas anda. Mari kita saling bekerja sama menghasilkan yang terbaik untuk pendidikan. Hubungi kami di tesisterbaik@hotmail.com

No comments:

Post a Comment