Tuesday, February 1, 2011

Mutu Tesis Kita di Tingkat Dunia

Tesis berhubungan dengan penerapan pengetahuan. Hal ini sesuai dengan kesepakatan umum akademisi dimana skripsi merupakan percobaan penerapan pengetahuan, tesis sebagai penerapan pengetahuan dan disertasi sebagai penciptaan pengetahuan. Dalam tesis, kita mempelajari teori-teori dan temuan empiris lalu mencoba menerapkan pengetahuan yang telah kita peroleh dalam percobaan atau pengumpulan data empiris.
Dengan landasan berpikir seperti di atas, wajar bila kita dapat melakukan penilaian mutu tesis berdasarkan indeks penerapan pengetahuan. Walaupun tidak semua penerapan pengetahuan harus dinyatakan dalam bentuk tesis, dalam skala minor kita berharap hal ini sudah cukup mewakili gambaran mutu tesis kita.
Global Innovation Index (GII) 2009-2010 telah dikeluarkan. Salah satu indeks dalam GII adalah indeks penerapan pengetahuan. Ada 132 negara yang disurvey untuk menentukan posisi negara tersebut dalam ranking GII. Ingin tahu posisi Indonesia dimana? Mari kita lihat urutan lima besar indeks penerapan pengetahuan dalam ranah Dunia, Asia dan Asia Tenggara.
Negara
Ranking Asia Tenggara
Ranking Asia
Ranking Dunia
Qatar
-
1
1
Brunei Darussalam
1
2
2
Uni Emirat Arab
-
3
3
Azerbaijan
-
-
4
Swiss
-
-
5
China
-
4
8
Israel
-
5
10
Singapura
2
9
23
Malaysia
3
11
34
Vietnam
4
13
41
Indonesia
5
23
73
Perhatikan, Indonesia menjadi juru kunci lima besar Asia Tenggara. Rankingnya bahkan di bagian paruh bawah (garis pisah di ranking 66). Kita kalah terhadap Vietnam, apalagi terhadap Qatar. Bahkan tetangga kita yang masih satu pulau dengan Kalimantan, Brunei Darussalam merupakan negara kedua terbaik di dunia dalam penerapan pengetahuan.
Dengan kondisi indeks penerapan pengetahuan kita yang dibawah rata-rata, wajar kalau mutu tesis yang dihasilkan rata-rata mahasiswa s2 di Indonesia masih rendah dibandingkan negara lain seperti Brunei, Singapura, Vietnam dan Malaysia. Hal ini sebenarnya dapat menjadi nilai tambah bagi kita yang memiliki tesis yang bermutu tinggi. Dengan tesis yang jauh di atas rata-rata, nilai kita sebagai individu yang ahli di bidangnya menjadi menonjol. Hal ini penting bagi karir profesional ataupun akademis kita nantinya.
Sesuai namanya, TesisTerbaik.blogspot.com menyediakan jasa penulisan tesis yang terbaik. Ini artinya mutu tesis yang kami hasilkan setara dengan Qatar, Brunei atau Uni Emirat Arab. Tesis yang sepenuhnya menjelajah pengetahuan yang terbaru dalam bidang keilmuan yang bersangkutan dan menerapkannya dalam penelitian. Jangan ragu lagi untuk memesan jasa kami untuk meningkatkan mutu tesis anda. Hubungi kami di tesisterbaik@hotmail.com sekarang juga.


No comments:

Post a Comment