Monday, April 18, 2011

Topik Tesis : Bagaimana Memilih Penelitian yang Sukses untuk Derajat Master anda

Memilih topik penelitian yang bermakna untuk tesis master anda dapat menjadi tantangan. Berikut sejumlah kriteria untuk membantu anda memutuskan.

Setelah bertahun-tahun kuliah pascasarjana, memilih topik yang baik untuk tesis master anda dapat menjadi tekanan terbesar. Anda akan menghabiskan berbulan-bulan atau mungkin bertahun-tahun pada proyek ini, dan selesainya derajat master anda tergantung pada kesuksesan anda. Lebih parahnya lagi, karir anda di masa depan juga dapat tergantung pada topik pilihan yang memikat penawar pekerjaan.
Ambil napas panjang. Ya, ini keputusan yang sulit, namun ikuti naluri anda dan anda akan menemukan jalan menuju topik yang pantas dan bermakna. Berikut sejumlah kriteria untuk diingat ketika memilih topik tesis.
  • Pilihlah topik yang anda senangi. Ini adalah kriteria terpenting. Anda akan menghabiskan banyak waktu pada proyek ini, dan kualitas hidup anda akan jauh lebih baik jika tiap jam yang dihabiskan menyenangkan. Terlebih lagi, mutu penelitian, tulisan dan argumen anda akan jauh lebih baik bila anda memiliki semangat di dalamnya. Pilihlah topik yang menurut anda mengesankan sekaligus signifikan secara sosial. Jangan biarkan orang lain memilihkannya untuk anda!
  • Pilihlah topik yang diminati dan dipahami oleh pembimbing anda. Tentu saja, jika hal ini tidak mungkin, lebih baik anda mengganti pembimbing anda, bukannya mengganti topik anda.
  • Pilih topik yang akan membantu karir anda. Bila tujuan anda adalah karir akademis, pilih topik yang dapat dengan mudah dimodifikasi menjadi artikel jurnal atau buku, dan ia akan membantu untuk penelitian lebih jauh. Bila anda ingin bekerja di lembaga berorientasi pendidikan, pilih topik yang dapat anda gunakan di ruang kelas. Bila anda akan berkarir di industri, pilih topik yang akan membuat anda lebih berharga sebagai sumberdaya manusia. Tanyakan diri anda sendiri: bagaimana topik saya dapat terdengar ketika saya membahasnya dalam wawancara akademis?
  • Temukan topik yang mendirikan posisi anda dalam bidang keilmuan. Lakukan penelitian dan temukan topik yang dapat menyumbang pada literatur yang ada, namun kokoh dalam teori dan memperluasnya.
  • Pilih penelitian yang unik. Lakukan penelitian untuk memastikan kalau topik ini belum pernah dipilih sebelumnya. Berusahalah kreatif dan pilih gagasan yang berbeda dari yang lain sehingga terlihat asli dan inovatif.
  • Berpikir hati-hati sebelum memilih topik yang kontroversial. Akademisi sangat sensitif dan dalam tiap bidang selalu ada topik atau posisi khusus yang membuat orang yang sangat berpendidikan akan berdebat karenanya. Ini bukan berarti anda harus menghindari topik yang menyalakan perdebatan. Namun, bila anda memilih topik kontroversial, berhati-hatilah jangan sampai ia akan membatasi pekerjaan, karir dan kesempatan penerbitan anda.
  • Pilih topik yang sudah cukup anda kuasai. Ini akan mempertahankan intelektual anda dan juga membawa anda lebih cepat maju. Bukan saatnya sekarang menjelajahi gagasan yang benar-benar baru. Sepanjang jalan, ikuti kuliah dan tulis makalah yang akan membantu anda menyusun tesis.
  • Pilih topik yang dapat ditangani. Ini adalah proyek besar, namun bukan penelitian seumur hidup anda. Pembimbing yang baik akan membantu anda mempersempit topik sehingga anda tidak terlalu lama di sekolah pasca sarjana.


No comments:

Post a Comment