Thursday, March 31, 2011

Tips Judul Tesis

Ia terjadi pada tiap penulis makalah: anda sudah menempuh perjalanan dalam meneliti, menganalisa dan mengetik sampai ke akhir makalah, dan anda sadar anda harus memutuskan apa judul tesisnya.
Memilih judul tesis bisa jadi sulit. Faktanya, bagi sebagian orang, ia merupakan bagian tersulit dalam penulisan tesis. Sebenarnya tidak harus terlalu sulit sejauh anda mengikuti beberapa tips dasar yang memastikan judul anda kuat.

  1. Masuk akal. Pastikan judul anda tidak berupa sesuatu yang tidak bermakna atau konyol seperti “tesis aborsi” atau “tesis ekonomi.” Judul adalah kesempatan untuk memberi komentar meta pada makalah anda, dan ia tidak semestinya di sia-siakan dengan judul yang mudah, menjelaskan diri sendiri dan bahkan membosankan.
  2. Deskripsi. Judul harus pertama kali dan terdepan dalam berkaitan langsung dengan teks yang dikandungnya. Menggunakan judul tesis yang kabur, khususnya judul satu kata, tidak membantu apapun bagi makalah anda. Saat anda menulis judul, coba gunakan lebih dari satu kata untuk menjelaskan makalah anda.
  3. Kejelasan. Tahanlah keinginan untuk menarik pembaca dengan judul yang kabur. Tesis mengenai aborsi tidak boleh berjudul “Memutus Nyawa,” karena judul ini jauh lebih cocok untuk judul puisi atau cerpen, bukannya tulisan akademis. Judul tesis harus memungkinkan pembaca tahu dengan segera apa topik atau subjeknya.
  4. Kerumitan. Konsep ini sesuai dengan kejelasan. Judul tesis menawarkan banyak peluang untuk menjadi kompleks, dan hal ini dapat membantu untuk memastikan topik anda jelas sejak awal. Penggunaan kolon sering sangat membantu. Ambil contoh berikut : “Oedipus dan Ibunya: Memahami locasta sebagai seorang Eksistensialis.” Frase “Oedipus dan Ibunya” adalah judul yang cukup kabur, dan “Memahami lokasta sebagai seorang Eksistensialis” tidak terdengar cukup kuat, kedua frase kemudian menciptakan judul yang kokoh bila digabungkan.
  5. Irama. Walaupun sering dilupakan dalam tulisan akademik, bahasa berirama dalam judul dapat sangat menguntungkan tesis. Pada level paling dasarnya, ia membuat judul lebih mudah diingat. Coba pikirkan judul yang bila dibaca enak dan mengalir dengan baik. Ada sejumlah cara melakukan hal ini, namun perlu diingat bagaimana suara kata-kata tersebut terdengar saat memilih judul, khususnya bila anda akan menyajikannya.
  6. Pertanyaan. Saat digunakan dengan baik, sebuah pertanyaan menjadi cara yang sah untuk menunjukkan gagasan tesis. Saat salah digunakan, pertanyaan bisa terdengar konyol atau kekanak-kanakan. Gunakan dengan hati-hati, anda dapat menggabungkannya dengan elemen lain untuk membuat judul yang unik dan kuat.
  7. Humor. Humor sering diabaikan dalam akademisi. Kadangkala judul yang lucu bisa jadi bagus bagi makalah. Ada banyak cara menerapkan humor. Contoh “Metamorfosis: Jadi kutu itu tidaklah jahat.” Sejauh makalah yang mengikutinya kuat dan langsung, tidak ada alasan mengapa humor yang wajar tidak dapat disertakan.
  8. Menghubungkan dengan masalah penelitian. Pendekatan lainnya adalah mengambil beberapa kata dari masalah penelitian anda. Pilih yang paling penting saja, dan terapkan pada judul anda.
Pada akhirnya, judul tesis lebih dari sekedar perancang makalah anda. Ia merupakan komentar meta yang harus dipertimbangkan saat menyusun makalah apapun.

No comments:

Post a Comment