Friday, January 20, 2012

Tesis publikasi

Sebuah tesis publikasi, disebut juga tesis artikel, adalah tesis yang, berbeda dari monograf yang koheren, merupakan kumpulan artikel penelitian dengan bab rangkuman pendahuluan. Ia mencakup artikel jurnal, makalah konferensi, dan bab buku yang telah dipublikasikan, dan sering juga naskah yang belum sempat dipublikasi. Saat ini, tesis artikel adalah format standar di ilmu teknik, alam, dan medis, sementara ilmu sosial dan budaya, misalnya di negara Eropa Utara, ada tradisi kuat namun semakin lemah untuk membuat monograf yang koheren, atau seorang mahasiswa dapat memilih antara tesis monograf atau kompilasi.
Format tesis publikasi dipilih dalam kasus dimana mahasiswa ingin menerbitkan sebagian tesisnya dalam jurnal internasional. Ia sering merupakan hasil dari sejumlah publikasi selama kuliah daripada sebuah monograf dan dapat menggunakan banyak sekali kutipan dalam publikasi penelitian lain; sesuatu yang dapat menguntungkan dari sudut pandang pendanaan penelitian dan dapat memfasilitasi pertemuan pembaca pasca tesis. Alasan lain menulis tesis kompilasi adalah sebagian artikel dapat ditulis bersama dengan pengarang lain, yang dapat membantu khususnya untuk mahasiswa pasca sarjana baru. Mayoritas artikel harus ditinjau oleh dewan dari luar jurusan mahasiswa itu sendiri, audit oleh staf pengawas dan lawan tesis, sehingga memastikan standar internasional.
Sebuah tesis publikasi adalah sejenis tesis kompilasi (sebuah istilah yang dipakai di negara Eropa Utara). Bentuk tesis kompilasi yang lebih jarang adalah tesis esai, mencakup esai-esai yang independen dan belum dipublikasikan.
Bab-Bab Rangkuman
Bab-bab rangkuman pendahuluan sebuah tesis publikasi harus ditulis secara independen oleh mahasiswa. Mereka harus memperjelas kontribusi mahasiswa pasca sarjana tersebut bila makalahnya ditulis oleh beberapa pengarang. Mereka harus memasukkan daftar pustaka atau tinjauan pustaka ekstensif, meletakkan ruang lingkup dan hasil makalah dalam konteks lebih luas dalam lingkup penelitian internasional. Mereka dapat melampirkan artikel tersebut dengan motivasi pemilihan lingkup, masalah penelitian, tujuan dan metode, dan memperkuat kerangka teori, analisis, dan kesimpulan, karena keluasan artikel secara normal tidak memungkinkan diskusi lebih panjang ini.


No comments:

Post a Comment