Wednesday, June 13, 2012

Menulis


Menulis adalah representasi bahasa dalam medium tekstual lewat pemakaian seperangkat tanda atau simbol (yang disebut sistem menulis) (Daniels, 2002:3). Ia dibedakan dari ilustrasi, seperti gambar dan lukisan gua, dan pelestarian bahasa non simbolik lewat media non tekstual seperti audio tape magnetik.
Menulis kemungkinan berawal sebagai konsekuensi ekspansi politik dalam peradaban purba, yang membutuhkan alat yang handal untuk mengirimkan informasi, melestarikan akuntansi keuangan, mempertahankan catatan sejarah, dan aktivitas sejenis. Sekitar milenium ke-4 SM, kompleksitas perdagangan dan administrasi di Mesopotamia melebihi ingatan manusia, dan menulis menjadi metode yang lebih dihandalkan untuk merekam dan menyajikan transaksi dalam bentuk permanen (Robinson, 2003:36). Baik di Mesir Kuno dan Mesoamerika, menulis mungkin berevolusi lewat kebutuhan kalendrik dan politik untuk merekam peristiwa historis dan lingkungan. Penggunaan menulis paling tua di China adalah dalam penobatan raja sebagai keturunan dewa.
Menulis sebagai Sebuah Kategori
Menulis, lebih khususnya, merujuk pada dua hal: menulis sebagai kata benda, sesuatu yang ditulis; dan menulis sebagai kata kerja, yang berarti aktivitas menulis. Ia merujuk pada inskripsi karakter pada sebuah medium, sehingga membentuk kata, dan kelompok satuan bahasa yang lebih besar, dikenal sebagai teks. Ia juga merujuk pada penciptaan makna dan informasi sehingga dibangkitkan. Dalam hal tersebut, linguistik (dan ilmu berkaitan) membedakan antara bahasa tulisan dan bahasa lisan. Signifikansi medium dimana makna dan informasi dinyatakan ditunjukkan dalam perbedaan yang dibuat dalam seni dan sains. Sebagai contoh, sementara bicara publik dan membaca puisi keduanya merupakan tipe bicara, bicara publik dipandu oleh aturan retorika sementara membaca puisi diatur oleh sastra.
Seseorang yang menyusun pesan atau kisah dalam bentuk teks secara umum disebut penulis atau pengarang. Walau begitu, istilah yang lebih khusus ada berdasarkan jenis teks seperti pujangga, esais, novelis, penulis skenario, jurnalis, dan sebagainya. Seorang penerjemah adalah penulis multibahasa yang harus sepenuhnya memahami pesan yang ditulis oleh orang lain dalam satu bahasa; tugas penerjemah adalah menghasilkan sebuah dokumen dengan pesan yang ekuivalen dalam bahasa yang sepenuhnya berbeda. Seseorang yang mentranskripsi atau menghasilkan teks untuk mengirim pesan yang ditulis oleh orang lain disebut penggubah, pengetik, atau editor. Seseorang yang menghasilkan teks dengan penekanan pada estetika glif dikenal sebagai kaligrafer atau desainer grafis.


 Menulis juga merupakan aktivitas manusia yang berbeda. Menulis demikian secara spekulatif dirancang sebagai kebetulan. Pada titik waktu ini, hanya tulisan yang dikonfirmasi dalam eksistensi asal usul manusia.
Sumber:
Wikipedia. Writing.
Referensi lanjut:
Daniels, P.T. "The Study of Writing Systems", in The World's Writing Systems, ed. Bright and Daniels
Robinson, Andrew "The Origins of Writing" in David Crowley and Paul Heyer (eds) Communication in History: Technology, Culture, Society (Allyn and Bacon, 2003).

No comments:

Post a Comment